TRIGONOMETRI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah      : SMA Negeri ….

Mata Pelajaran    : Matematika

Kelas/ Semester : X / 2

Alokasi Waktu     : 8 x 45 menit (2 pertemuan)

Standar Kompetensi:

Menggunakan perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar:

Menentukan dan menggunakan nilai perbandingan suatu sudut

Indikator:

  1.  Perbandingan trigonometri suatu sudut ditentukan dari sisi-sisi segitiga siku-siku
  2. Perbandingan trigonometri dipergunakan untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku
  3. sudut-sudut diberbagai kuadran ditentukan nilai perbandingan trigonometri

I. Tujuan :

setelah mengikuti proses pembelajaran ini diharapkan sobat-sobat sekalian dapat:

  1. Menentukan perbandingan Trigonometri suatu sudut dari sisi-sisi segitiga siku-siku
  2. Menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku menggunakan perbandingan trigonometri
  3. Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut diberbagai kaudaran

II. Materi Pembelajaran:

  1. Perbandingan trigonometri
  2. Panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku
  3. Perbandingan trigonometri berbagai kuadaran

III. Pendidikan Karakter yang diharapkan :

Jujur, Tanggung jawab, Kreatif, Mandiri, dan Komunikatif.

IV. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas.

V. Kegiatan Pembelajaran

Sebelum mulai  membahas materi tentang trigonometri ini. Ada baiknya sobat2 sekalian mengingat-ingat kembali pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya, terutama  pelajaran SMP yang telah sobat peroleh. Masih ingatkan pelajaran tentang Kesebangunan dan Kekongkruenan  serta tentang sudut. Materi ini akan kita gunakan untuk memahami perbandingan trigonometri.

Nah, untuk membangkitkan ingatan sobat2 sekalian. Ayo kita kerjakan soal diberikut ini:

PRASYARAT :

jika sobat sekalian ingin lebih dapat berlatih lagi, soal diatas dapat didownload disini materi PRASYARAT

Jika sobat masih ingin berlatih soal-soal dan lebih mengingat kembali materi tentang kesebangunan dan kekongkruenan silakan klik disini : Latihan Soal

Nah, jika sobat masih sedikit kesulitan untuk memngingat dan memahami materi kesebangunan dan kekonkruenan sobar dapat mengunjungi klik disini

Setelah sobat2 benar-benar dapat menjawab soal-soal diatas dengan benar, mari kita lanjutkan ke materi trigonometri.

A. PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DARI SUATU SUDUT

1. Nilai Perbandingan Trigonometri dari Suatu Sudut

Perbandingan sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku memiliki karakter khusus yang agak berbeda dengan segitiga-segitiga lainnya (sifat-sifat segitiga siku-siku). Para ahli menamakan Perbandingan itu dengan beberapa istilah, yaitu sinus, kosinus, dan tangen, yang sering disingkat dengan sin, cos, tan. Untuk lebih memahami perbandingan-perbandingan itu, sobat bisa melakukan aktifitas berikut:

AKTIVITAS :


aktivitas diatas dapat sobat download disini AKTIVITAS SISWA atau kunjungi http://www.slideshare.net/adrianadwiismita/newsfeed

Nah, jika sobat sekalian sudah mengerjakan aktivitas dengan tepat dan benat, sobat akan memperoleh keterangan berikut. dapat disimpulkan bahwa besar sudut A, sudut D, dan sudut P sama. Kita namakan sudut itu sebagai sudut alpa. pembahasan mengenai aktivitas tersebut dapat sobat liat disini:

Mungkin diantara sobat sekalian masih ada yang bingung tentang materi ini. untuk itu saya sajikan video pembelajaran yang dapat membantu sobat untuk lebih memahami materi tersebut, berikut videonya:


baiklah sobat, dibawah ini salah satu contoh soal penerapan Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.

imageHFI

dalam kehidupan sehari-hari pernahkah anda berfikir dan menanyakan berapakah tinggi gedung yang anda lihat?? bagaimana cara mengukur tinggi gedung tersebut tanpa bantuan dari orang lain dan tanpa masuk kedalam gedung tersebut?

sebenarnya hal ini tidak lah sulit untuk dilakukan. pada gambar diatas saya ilustrasikan ada beberapa siswa yang sedang berdiri di depan sebuah gedung dengan jarak tertentu, mereka sedang mengira berapakah tinggi gedung tesebut? dengan bekal pengetahuan dan dengan berbekal meteran dan alat pengukur sudut, mereka mulai melakukan perhitungan. mula-mula salah satu dari mereka berdiri pda jarak tertentu kemudian dengan menggunakan pengukur sudut, ia melihat atap gedung sehiingga terbentuuklah sudut tertenttu. selanjutnya dengan menggunakan aturan trigonometri ia meghitunng tinggi gedung dengan menggunakan rumus

Untitled 2

Untitled

Jadi setinggi apapun benda

Untitled 3yang ingin kita ukur, selama kita dapat melihat puncak benda, maka kita dapat melihat puncak benda, maka kita dapat mengitung tinggi benda menggunakan aturan trigonometri.

Untuk mempelajai materi ini secara mendalam, berikut saya sajikan video pembelajarannya:

sumber:

http://workshopmathematics.blogspot.com/2012/12/bab-1-kesebangunan-dan-kekongruenan.html

http://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=latihan-soal-online-kesebangunan-dan-kekongruenan

http://www.slideshare.net/blackcatt/bab-1-kesebangunan-dan-kekongruenan

http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=496&uniq=all

http://web-matematik.blogspot.com/2012/09/sifat-sifat-bangun-datar.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Segitiga

http://id.wikipedia.org

https://www.youtube.com/watch?v=ZLsDlP9ZIiw

http://www.youtube.com/watch?v=Yk4SmyMqobE

2 Comments

2 thoughts on “TRIGONOMETRI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s